Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Rahayu. Ini adalah blog resmi dari Rahayu. Blog ini resmi rilis pada tahun 2011. Rahayu hanyalah seorang gadis remaja biasa asal Kecamatan Brondong , Kabupaten Lamongan yang ingin selalu mengembangkan kreativitasnya. Blog ini sekarang lagi dalam perbaikan, dari segi kualitas konten maupun semuanya. Karena penulis yang sekaligus pemilik Blog ini pada beberapa tahun terakhir sedang sibuk menyelesaikan studi.nya. Kalian sekarang dapat menikmati beberapa konten, antara lain : "Music" yang akan diposting tiap 3 hari sekali, "Komputer" yang akan diposting 1 kali seminggu, "Agama Islam" yang akan diposting 2 hari sekali, "Gaya Hidup" yang akan diposting 2 minggu sekali, dan lain-lain, kalau mau tau jadwalnya silahkan lihat di kolom "'jadwal postingan". Ohh ya kalian juga bisa menghubungi Rahayu melalui:
Halaman facebook: Rahayu

Senin, 26 Mei 2025

Fungsi Komunikasi : Informasi

INFORMASI MENJADI SALAH SATU FUNGSI KOMUNIKASI

Oleh : SRI RAHAYU, S.Pd.


A. DEFINISI

Fungsi komunikasi sebagai informasi adalah proses penyampaian informasi yang akurat dan relevan dari pengirim kepada penerima, sehingga penerima dapat memahami dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan atau mengambil tindakan (Shannon & Weaver, 1949)

Informasi adalah data yang telah diolah dan memiliki makna yang relevan bagi penerima (Ackoff, 1989). Informasi dapat berupa fakta, data, atau pengetahuan yang dapat digunakan untuk membuat keputusan atau mengambil tindakan.



B. CIRI-CIRI

Ciri-ciri fungsi komunikasi sebagai informasi adalah:

1.  Akurasi : Informasi yang disampaikan harus akurat dan dapat dipercaya (Shannon & Weaver, 1949).

2.  Relevansi : Informasi yang disampaikan harus relevan dengan kebutuhan dan kepentingan penerima (Ackoff, 1989).

3.  Kejelasan : Informasi yang disampaikan harus jelas dan mudah dipahami (Berlo, 1960).

4.  Kelengkapan : Informasi yang disampaikan harus lengkap dan mencakup semua aspek yang relevan (Davenport, 1998).

5.  Keterbaruan : Informasi yang disampaikan harus terkini dan relevan dengan situasi saat ini (Nonaka, 1994)



C. TUJUAN

Tujuan fungsi komunikasi sebagai informasi adalah untuk menyampaikan informasi yang akurat dan relevan kepada penerima, sehingga mereka dapat memahami dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan atau mengambil tindakan. Berikut adalah beberapa tujuan fungsi komunikasi sebagai informasi:

1.  Meningkatkan Pengetahuan : Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman penerima tentang suatu topik atau isu (Berlo, 1960).

2.  Membantu Pengambilan Keputusan : Membantu penerima dalam membuat keputusan atau mengambil tindakan yang tepat (Gudykunst & Ting-Toomey, 1988).

3.  Meningkatkan Efisiensi : Meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan dan tindakan (Shannon & Weaver, 1949).

4.  Meningkatkan Produktivitas : Meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi atau perusahaan (Kim, 2001).



D. CONTOH

Fungsi komunikasi sebagai informasi dapat dilihat dalam berbagai contoh, seperti:

1.  Berita : Berita yang disampaikan melalui media massa atau online untuk memberikan informasi tentang peristiwa atau isu terkini (McQuail, 2010).

2.  Laporan : Laporan yang disampaikan dalam organisasi atau perusahaan untuk memberikan informasi tentang kinerja atau hasil kerja (Mintzberg, 1973).

3.  Pengumuman : Pengumuman yang disampaikan untuk memberikan informasi tentang kebijakan atau prosedur baru (Gudykunst & Ting-Toomey, 1988).

4.  Dokumentasi : Dokumentasi yang disampaikan untuk memberikan informasi tentang proses atau prosedur yang digunakan dalam organisasi atau perusahaan (Nonaka, 1994).

5.  Presentasi : Presentasi yang disampaikan untuk memberikan informasi tentang topik atau isu tertentu kepada audiens (Aristotle, 350 BCE).



E. MANFAAT

Manfaat fungsi komunikasi sebagai informasi adalah:

1.  Meningkatkan Efisiensi : Meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan dan tindakan (Davenport, 1998).

2.  Meningkatkan Produktivitas : Meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi atau perusahaan (Nonaka, 1994).

3.  Meningkatkan Kepuasan : Meningkatkan kepuasan penerima dengan memberikan informasi yang akurat dan relevan (Berlo, 1960).

4.  Mengurangi Kesalahan : Mengurangi kesalahan dalam pengambilan keputusan dan tindakan (Shannon & Weaver, 1949).

5.  Meningkatkan Inovasi : Meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam organisasi atau perusahaan (Nonaka, 1994).



DAFTAR PUSTAKA


1. Shannon, C. E., & Weaver, W. (1949). The Mathematical Theory of Communication. University of Illinois Press.

2. Berlo, D. K. (1960). The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. Holt, Rinehart and Winston.

3. Gudykunst, W. B., & Ting-Toomey, S. (1988). Culture and Interpersonal Communication. Sage Publications.

4. Ackoff, R. L. (1989). From Data to Wisdom. Journal of Applied Systems Analysis, 16, 3-9.

5. Davenport, T. H. (1997). Information Ecology: Mastering the Information and Knowledge Environment. Oxford University Press.

6. Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Oxford University Press.

7. McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. Sage Publications.

8. Mintzberg, H. (1973). The Nature of Managerial Work. Harper & Row.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar